Senin, 22 November 2010

IFRS 3

Bargain purchase

Apabila bargain purchase telah disepakati oleh kedua pihak, maka dari sini dapat diketahui apabila ada goodwill yang dihasilkan dari transaksi akuisisi ini atau tidak. Goodwill secara tidak langsung sebagai perbedaan jumlah yang ditentukan dalam pertukaran dengan jumlah net asset dan liabilities yang diidentifikasi. Jika perbedaan yang negatif karena net assets teridentifikasi yang diperoleh dan kewajiban melebihi pertimbangan ditransfer, perusahaan pengakuisisi mengakui keuntungan dari bargain purchase.

Consideration transferred

Consideration transferred dihitung dengan cara menghitung sebesar nilai wajar (fair value) pada tanggal akuisisi pada saat menghitung goodwill. .Nilai wajar dari pertimbangan ditransfer termasuk nilai wajar kewajiban perusahaan pengakuisisi pengalihan aset tambahan atau kepentingan ekuitas kepada mantan pemilik diakuisisi jika peristiwa tertentu terjadi atau kondisi terpenuhi, misalnya pertemuan target pendapatan.

Contingent consideration

Pengakuisisi mengakui aset, kewajiban atau ekuitas dari contingent consideration (nilai wajar kewajiban perusahaan pengakuisisi pengalihan aset tambahan atau kepentingan ekuitas kepada mantan pemilik di akuisisi jika peristiwa tertentu terjadi atau kondisi terpenuhi, misalnya pertemuan target pendapatan). Biaya transaksi harus diperhitungkan secara terpisah dari penggabungan usaha sesuai dengan SAK lainnya.

Acquisition-related costs

Dalam pengakuisisian, cash yang keluar dihitung sebagain cost atau expense yang dikeluarkan oleh pihak pengakuisisi dalam mengakuisisi sebuah entitas yang berarti akan masuk ke dalam laporan laba rugi. Dalam langkah akuisisi, pengakuisisi tindakan apapun kepemilikan saham itu berlaku dalam diakuisisi segera sebelum mencapai kontrol sebesar nilai wajarnya dan mengakui keuntungan atau kerugian, jika ada, dalam laporan laba rugi.

Kesimpulan:
Untuk mengakui biaya yang keluar pada pengakuisisian, lebih efektif apabila dimasukan ke dalam expense sehingga jika mengakui loss atau profit dapat terlihat dari laporan laba rugi.
Dan pengakuisisian mengakui price di saat terjadinya akuisisi, sehingga harus dilakukan penilaian net asset kemudian dibandingkan fair value pada saat terjadinya akuisisi dan net assets yang ada. Apabila terjadi perbedaan, maka dapat diidentifikasi apakah ada goodwill yang terjadi dalam transaksi ini atau tidak. Goodwill dapat dihitung dari perbedaan jumlah yang ditentukan dalam pertukaran dengan jumlah net asset dan liabilities yang diidentifikasi.
Dalam pengakuisisian suatu entitas, pengakuisisi mengakui asset, liabilities, dan ekuitas dari contigent consideration (nilai wajar kewajiban perusahaan pengakuisisi pengalihan aset tambahan atau kepentingan ekuitas kepada mantan pemilik di akuisisi jika peristiwa tertentu terjadi atau kondisi terpenuhi, misalnya pertemuan target pendapatan). ). Biaya transaksi harus diperhitungkan secara terpisah dari penggabungan usaha sesuai dengan SAK lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar